Minggu, 18 November 2012

membuat e-mail


Membuat e-mail

a.   Membuat e-mail dengan yahoo

 

1. Langkah pertama ini tentunya membuka browser kamu dulu ya (misalnya IE atau internet explorer, Mozila Fireox, Google Chrome, atau opera, )… kemudian masukkan alamat situsnya yaitu www.mail.yahoo.com pada kolom alamat atau address bar.

2. Perhatikan pada halaman sebelah kanan, jika nanti kamu sudah terdaftar dan ingin membuka email, maka masukkan id yahoo dan password kamu, lalu klik Sign in.Tapi karena kamu belum mendaftar, dan belum mempunyai Id yahoo dan pasword, silahkan klik saja tombol Sign Up yang berada pada bagian bawahnya tombol sign in, terkadang juga berada di bagian atas, pokoknya cari saja yang bertuliskan Sign Up atau Daftar , jika tidak ada tombol Sign up bisa juga menggunakan tombol Create New Account. Tombol Sign up dan Create new Account sama fungsinya yaitu untuk membuat akun yahoo atau mendaftar di yahoo.com

3. Setelah kamu klik Sign Up atau Create New Account, akan muncul halaman berisi formulir pendaftaran pada email yahoo seperti pada gambar di bawah ini.

4. Jika data pribadi kamu sudah diisi semua, klik pada Tombol Kuning Bertuliskan [ create my account ]. jika kolom isian formulir telah kamu isi dengan benar, maka sesaat kemudian, jendela konfirmasi akan muncul, seperti gambar di bawah ini. Klik tombol Continue, untuk melanjutkan proses selanjutnya.

5. Sesaat kemudian akan diarahkan ke dashboard email yahoo.com, seperti gambar di bawah ini. Di dashoard ini terdapat beberapa menu penting untuk pengelolaan email yang perlu kamu ketahui, antara lain ;

In box atau tempat kotak masuk email,

Contact yang berisi daftar alamat email,

Draft : berisi daftar email yang belum terkirim

Sent : berisi daftar email yang telah terkirim

Spam : berisi email dari seseorang yang mencurigakan atau tidak diinginkan

dan Trash : tempat sampah email yang telah kamu hapus.

6. Ketika email yahoo ini baru dibuat, di kotak masuk email atau inbox akan ada sebuah email dari yahoo yang berisi kata sambutan atau pengenalan tentang yahoo. Untuk membuka email, klik pada Inbox, perhatikan gambar di bawah ini.Setelah tampil daftar email masuk, silahkan klik satu email baru tersebut.


b.Membuat e-mai dengan gmail

Untuk membuat email baru di Google silahkan lakukan prosedur sederhana berikut:

  • Buka URL http://mail.google.com/
  • Lihat pada kanan layar ada pilihan Create an Account atau Buat Akun
  • Akan ada formulir untuk mengisi data-data saudara. Masukkan keterangan yang diminta seperti di bawah ini

  • Isikan nama depan dan nama belakang anda
  • Isikan alamat email yang anda inginkan (akun harus belum digunakan orang lain)
  • Masukan password yang anda ingikan
  • Masukkan ulang password anda
  • Isikan tanggal kelahiran anda
  • Pilih jenis kelamin
  • Masukkan nomor ponsel
  • Masukkan alamat email lain jika ada
  • Isikan lokasi atau negara anda
  • Setujui persyaratan Google
  • Terakhir klik tombol Langkah berikutnya (lihat contoh gambar di bawah)

  • Pada sebagian pendaftaran (sebagian lagi tidak), akan ada permintaan verifikasi akun melalui nomor telepon, anda akan melihat layar di bawah ini. Silahkan diisi dengan nomor ponsel.

  • Tunggu beberapa saat sampai SMS dari sistem otomatis Google masuk ke HP anda memberikan nomor verifikasi. Isikan nomor tersebut pada layar verifikasi....

  • Langkah selanjutnya membuat email baru Google, adalah pemasangan foto profil, jika belum mempunyai foto yang diinginkan lewati saja

  • Proses membuat email baru di Google sudah selesai, silahkan klik Lanjutkan ke Gmail

Dengan mengklik tombol di atas anda akan dibawa masuk ke akun anda. Cara Membuat Email Baru di Google (Gmail) ini bisa saja berubah sewaktu-waktu karena sistem Google dalam beberapa tahun terakhir ini cukup dinamis.

 


c. Membuat e-mail dengan Hotmail-MSN

Mari kita mulai tutorial cara membuat email windows live di msn yang berekstensi hotmail.
1. Kunjungi www.hotmail.com
2. Klik tombol "Daftar Sekarang" saat anda melihat halaman seperti gambar di bawah ini :



Setelah itu, anda akan di arahkan ke halaman formulir pendaftaran pembuatan email hotmail. Anda akan melihat halaman formulir pendaftaran email seperti gambar di bawah ini :



Isi formulir pendaftaran tersebut sesuai data anda dengan petunjuk sebagai berikut :

  • Hotmail Address : isi kotak pertama dengan nama atau alamat email yang anda inginkan, contohnya : bloggerbugis. Pada kotak kedua, anda akan melihat tulisan hotmail.co.id. Itu adalah ekstensi email anda yang berarti email anda akan menjadi seperti contoh ini : bloggerbugisdotcom@hotmail.co.id. Klik panah hitam mengarah ke bawah yang ada di samping kotaknya untuk mengganti atau memilih ekstensi email anda.
  • Create a password : isi kotaknya dengan password atau sandi yang anda inginkan.
  • Retype Password : isi dengan sandi yang anda masukkan sebelumnya. Isi kotak ini harus sama persis dengan kotak sandi sebelumnya. Besar kecilnya huruf berpengaruh.
  • Alternate email address : isi dengan alamat email anda yang telah di buat sebelumnya di hotmail, yahoo, gmail, atau di tempat lain. Jika tidak punya email lain, klik tulisan "Or choose security questions for password reset". Anda akan melihat kotak Questions dan Secret Answer. Pilih pertanyaan di kotak Quistions, lalu masukkan jawaban yang anda ingikan di kotak Secret Answer. Pertanyaan dan jawaban boleh tidak berhubungan.
  • Kotak First Name dan Last Name : isi dengan mana depan dan nama belakang anda. Tidak punya nama belakang ? Isi saja kotak Last Name dengan "bloggerbugis" ( tanpa tanda petik )
  • Country region : Pilih Indonesia
  • Postal Code : isi dengan kode pos wilayah anda
  • Gender : Pilih male jika anda laki laki, dan pilih female jika anda perempuan. Kalau bencong, silahkan pilih sesuai keinginan anda ( just kidding bro... )
  • Birth date : pilih tanggal ,bulan dan tahun kelahiran anda. Jangan memilih tahun 2012, karena untuk membuat email, umur anda minimal berumur 17 tahun. Jika umur anda baru 1 tahun, pilih saja tahun 1981.
  • Di bawah kotak tanggal lahir, anda akan melihat kode chaptca. Masukkan kode chaptcha tersebut pada kotak di bawahnya. Harus sama persis, besar kecilnya huruf berpengaruh. Lanjutkan dengan mengklik tombol "I Accept". Apabila anda tidak bisa membaca kode chaptchanya, klik tulisan "NEW" untuk mengganti kode chaptcha. Masih tidak bisa ? Klik terus tulisan NEW sampai anda bisa membaca kodenya. Jika 10 kali mengganti kode dan anda tetap tidak bisa membaca kodenya, silahkan mandi, pakai seragam merah putih anda, lalu pergi mendaftar di Sekolah Dasar terdekat.

3. Jika tidak ada kesalahan dalam pengisian formulir, anda akan melihat halaman hotmail



4. Klik tulisan "INBOX" untuk masuk ke halaman inbox ( Kotak masuk Email ) anda.

 


 

d. 3 jenis layanan e-mail

1. POP Mail
Email jenis ini sama dengan email yang Anda terima dari ISP Anda (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor.
2. Web Based email
Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail dan lain-lain.

3. Email Forwarding
Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi Anda yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email Anda yang lain.


e. Fungsi e-mail sebagai alat komunikasi

E-mail berasal dari kata electronic mail. E-mail atau surat elektronik adalah salah satu cara untuk mengrimkan pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya. Pesan yang terdapat pada e-mail di buat dengan pengolahan kata yang menghasilkan suatu dokumen dan kemudian di kirim kan secara elektronik dengan menggunakan komputer. Komputer tersebut terhubung dengan komputer lainnya(misalnya dengan modem) dan data di kirimkan melalui jalur tersebut. E-mail merupakan alat komunikasi yang mudah, murah, dan cepat.

 

Penggunaan e-mail memungkinkan data di kirim secara elektronik sehingga samapai di tujuan dengan sangat cepat. Kamu dapat mengirim file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya. kamu juga dapat mengirim e-mail ke beberapa orang sekaligus pada saat yang bersamaan.

 

E-mail juga dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluargadi kampung halaman atau luar negeri. Dalam bidang bisnis, e-mail sudah digunakan untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.

 

Selain memberikan banyak manfaat kepada para penggunanya, e-mail juga mempunyai dampak negatif. Misalnya, sebagai alat penyebaran virus komputer dan alat komunikasi orang yang mempunyai tujuan buruk lainnya, seperti para teroris yang menggunakan e-mail untuk menghubungi anggotanya di belahan dunia lain untuk melakukan rencana jahat mereka.

 


 

f. Cara mendapatkan e-mail

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan e-mail, diantaranya sebagai berikut.

a. Melalui penyedia e-mail gratis

Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk mendapatkan e-mail. Kamu tinggal mengunjungi web penyedia tersebut, mengisi data pribadi lalu kamu pun akan memiliki e-mail sevara instan. Contoh penyedia layanan ini adalah Yahoo (mail.yahoo.com), Plasa (www.plasa.com), Telkom (www.telkom.net).

b. Undangan dari teman

Cara kedua ini adalah melalui undangan dari temanmu yang telah memiliki account pada penyedia layanan e-mail tersebut. Kamu tidak dapat mendaftarkan diri tanpa undangan dari salah satu yang telah menjadi anggota. Contoh layanan ini adalah layanan e-mail yang disediakan oleh Google (mail.gmail.com).

c. Dari Internet Service Provider (ISP)

ISP adalah perusahaan yang melayani koneksi internet. Beberapa contoh ISP di indonesia, antara lain adalah IndosatNET, Wasantara NET, dan INDO.NET. Koneksi internet dilakukan berdasarkan jumlah jam akses atau hak paki selama 24jam perhari. Kamu harus mendaftarkan diri kepada penyedia layanan tersebut untuk mendapatkan layanan e-mail.

d. Dari perusahaan

E-mail yang diperoleh dari perusahaan adalah e-mail yang diberikan oleh suatu perusahaan. ciri khasnya adalah alamat e-mail ini memiliki identitas perusahaan dimana e-mail tersebut terdaftar. untuk mendapatkan e-mail jenis ini , seseorang harus menjadi karyawan dari perusahaan tersebut.

e. Memesan sendiri

Cara ini bertujuan untuk mendapatkan e-mail khusus yang dapat kamu tentukan sendiri. Mulai dari nama domain, identitas kamu, serta fasilitas yang ingin kamu dapatkan dari e-mail tersebut. untuk mendapatkannya, kamu harus memesan domain terlebih dahulu, kemudian memesan paket hosting untuk server kamu, baru kemudian kamu akan dapat menggunakan e-mail tersebut.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar